Jumat, 28 Oktober 2011

Langkah awal dalam penerapan COBIT

Masalah tata kelola IT dalam sebuah organisasi bisa dibilang masalah yang gampang-gampang susah, mengapa saya bilang begitu karena persoalan tata kelola IT bisa jadi sangat subyektif sekaligus obyektif pula. disebut subyektif ketika persoalan IT tersebut dilakukan oleh seorang yang berpengalaman maka itu kemungkinan akan menjadi sangat mudah sebaliknya jika dilakukan oleh orang yang sama sekali tidak mengerti, maka itu akan menjadi masalah yang besar.



Kemudian mengapa kemudian persoalan tatakelola IT itu obyektif, dikarenakan oleh hubungan seberapa besar investasi IT dan seberapa besar keuntungan yang diperolah dari investasi tersebut. Jika keuntungan dari investasi IT yang didapatkan suatu organisasi cukup besar, yah tak mengapa. namun persoalan menjadi lain jika suatu organisasi sudah mengeluarkan begitu besar biaya untuk IT namun manfaatnya dirasakan sangat minim sekali.

lanjut,...mm ini kok OOT(out of topic) yah!@#!#$#!%#$% bukannya judulnya langkah awal penerapan Cobit? hahhahah kok gini yah :P

Oke, sebenarnya tidak ada pedoman khusus dalam hal bagaimana memulai/first step semua tergantung orangnya. Namun menurut saya langkah awal yang baik adalah :
- Memulai dengan menentukan area-area yang relevan dan mempunyai resiko yang cukup tinggi dengan menggunakan ke 34 proses COBIT, ini membutuhkan pemahaman yang baik akan ke 34 proses tersebut.
- kemudian langkah selanjutnya adalah mulai mengumpulkan data...lha kok ini ada langkah selanjutnya? OOT lagi, judule kn 'langkah awal'. ya sudah InsyAllah untuk langkah-langkah selanjutnya akan kita bahas di artikel selanjutnya. ^.^

Smoga bermanfaat,wassalam

5 komentar:

  1. Kalau Analisis Audit Aplikasi Manajemen Integrasi Informasi dan Pertukaran data bisa menggunakan Cobit atau tidak ya ?

    BalasHapus
  2. gan, domain Delivery n Support untuk analisis kematangan sisfo akademik ttg keamanan, respons time, kelayakan dan tata kelola sisfo akademik pake proses DS berapa aja ya ? makasih :)

    BalasHapus